TEKNOLOGI DAN PENGEMBANGAN BAHAN PEWARNA DARI KULIT BUAH MANGGIS*


Tati Sukarti, Ir., M.S.1)

Dr. Roni Kastaman, Ir., M.T 2)

Dwi Purnomo, STP., M.T. 2)

ABSTRAK

Manggis merupakan tanaman buah berupa pohon yang berasal dari hutan tropis yang teduh di kawasan Asia Tenggara yang Secara tradisional digunakan sebagai obat sariawan, wasir, dan luka. Kulit buah manggis mengandung 2 senyawa alkaloid, serta lateks kering manggis mengandung sejumlah pigmen yang berasal dari dua metabolit, yaitu mangostin dan β-mangostin, yang jika diekstraksi  dapat menghasilkan bahan pewarna alami berupa antosianin yang menghasilkan warna merah, ungu dan biru.

 

Tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah : Mendapatkan gambaran potensial pemanfaatan kulit buah manggis dan faktor-faktor yang perlu diperhatikan  dalam ekstraksi kulit buah manggis sehingga dapat digunakan sebagai  bahan pewarna makanan.

 

Metode akstraksi yang dilakukan adalah dengan metoda kering dan basah, dari hasil percobaan yang dilakukan ditemukan bahwa tepung kulit buah manggis tidak menurunkan total pigmen antosianin. Ekstraksi pigmen antosianin kulit buah manggis menggunakan air dengan asam sitrat 5% menghasilkan rendemen sebesar 13,9900%.  Sementara  penyimpanan terbaik dianjurkan menggunakan cold storage, dan  faktor yang berpengaruh terhadap kestabilan adalah suhu, cahaya.serta pH dibawah 3 memberikan kestabilan tertinggi pada antosianin. Untuk bahan segar dipakai konsentrasi 0,01% sedangkan dari bahan baku kering dipakai konsentrasi 0,015%.

* Disampaikan pada Workshop “Roadmap dan Teknologi Pengembangan Agroindustri Buah Manggis Dalam Upaya Akselerasi Ekspor”

1) Dosen  Jurusan Teknologi Industri Pangan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian UNPAD

2) Dosen  Jurusan Teknik dan Manajemen Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian UNPAD

2 thoughts on “TEKNOLOGI DAN PENGEMBANGAN BAHAN PEWARNA DARI KULIT BUAH MANGGIS*

  1. mohon maaf, bagaimana cara anya untuk mendapatkan artikel ini secara lengkap? karena saya membutuhkan artikel ini untuk referensi penelitian saya. terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s