Halal Industry Development Cooperation (HDC) Peodorong Industri Halal Malaysia

Ditulis oleh:

Dwi Purnomo

Kandidat Doktor TIN-Fateta IPB

Dosen TMIP-FTIP UNPAD

 

Sertifikat halal malaysia ini dikemukakan sebagai simbol mutu  premium yang diperkenalkan Malaysia yang dapat digunakan secara internasional.

Sampai saat ini Malaysia adalah satu-satunya negara yang pemerintahannya memberikan dukungan yang penuh dalam pengembangan proses sertifikasi halal pada produk dan jasa. Badan sertifikasi halal di negara-negara di luar Malaysia dilaksanakan oleh masing-masing provinsi ataupun negara bagian atau bahkan dilakukan oleh organisasi non pemerintah (NGO).

Langkah-langkah maju yang telah ditempuh oleh Malaysia adalah membuat komitmen jangka panjang terhadap pembangunan industri halalnya. Malaysia telah membentuk perusahaan pengembang usaha halal yang pertama di dunia, The Hala Industry Development Cooperation (HDC), yang secara khushus didedikasikan untuk mengembangkan industri halal baik untuk lokal dan internasional. HDC diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk mengambil alih kuasa sertifikasi halal sejak 2 April 2008, mengambil alih dari Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM).

Prosedur sertifkasi Malaysia dan standar halal MS1500:2004 secara berkelanjutan digunakan dalam proses sertifikasi karena kedua standar tersebut sudah diakui secara luas memenuhi syarat mutu dan halal. Oleh sebab itu, logo halal kemudian dikenali dan diterima dunia internasional.

Persyaratan untuk mendapatkan sertifikat halal HDC dan logo halal Malaysia

Sertifikat halal HC Malaysia todak dapat diperjualbelikan, disewakan, ditukarkan, dipalsukan, disalahgunakan dalam bentuk apapun. Penggunaan logo halal Malaysia tunduk pada hukum dan peraturan di Malaysia Jika terdapat perubahan nama, alamat, pabrik, nama merk, bahan baku, proses pembuatan dan segala hal yang berhubungan dengan hal-hal tersebut harus dilaporkan secara tertulis pada HDC untul tidakan lebih lanjut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s