FTIP Unpad Bantu Industri Pengolahan Buah Membuka Pasar

Laporan oleh: Hera Khaerani

http://www.unpad.ac.id/archives/36705

[Unpad.ac.id, 2/11] Sebanyak 50 orang pengusaha pengolahan buah yang berasal dari daerah Cianjur, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan, mengikuti kegiatan pelatihan pemasaran melalui media online yang digelar di Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad hari ini. Mereka tergabung dalam Masyarakat Klaster Industri Buah (Masterbu) yang dibentuk berkat kerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat.

Salah seorang peserta pelatihan pemanfaatan media online untuk pemasaran seriu

s mengikuti pemaparan instruktur (Foto: Hera Khaerani)

Jangan bayangkan dalam pelatihan ini mereka sudah dilibatkan dalam hal-hal teknis pemanfaatan internet untuk pemasaran karena banyak di antara mereka yang bahkan baru mengenal internet. Herni Suherni adalah salah satunya, ia merupakan pengusaha asal Indramayu yang baru hari ini belajar menggunakan teknologi surat elektronik (e-mail) dan blog. Herni yang ditemui usai pelatihan mengaku sangat senang.

“Saya baru kali ini memanfaatkan internet, tadi diajarkan menggunakan e-mail,” tuturnya.

Ia mengaku sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian pelatihan karena kelompok Wanita Tani di tempatnya berasal, terlihat tidak bisa maju. Herni menjelaskan bahwa kelompok tersebut terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang memproduksi berbagai produk seperi keripik pisang, manisan mangga, dodol mangga, dan seterus

nya.

Wanita Tani sulit berkembang karena tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang pengemasan juga pemasaran. “Saya senang bergabung dengan Masterbu karena melalui ini bisa bekerja sama dengan Unpad dan mengenal dosen-dosennya dari pelatihan ini,” katanya bersemangat.

Ditanya tentang kendala para anggota Masterbu yang sebagian besar baru mengenal internet, Dwi Purnomo, Stp. Mt. Selaku fasilitator pelatihan tersebut mengatakan, “Itu adalah tantangan untuk membuka pintu pemasaran yang lebih luas lagi, bukan kendala.”

Dwi menjelaskan bahwa dua hari pelatihan kali ini hanyalah permulaan. Selanjutnya akan dilakukan pelatihan serupa setiap sebulan sekali dan dievaluasi setiap dua bulan di tingkat wilayah. Tujuannya tentu saja untuk membuat jejaring dalam sebuah web. FTIP akan membantu mengelola jaringan tersebut, untuk kemudian diperkenalkan kepada pasar.

“Karena kalau mereka lakukan sendiri memang sulit,” tambah Dwi. Di antara para anggota Masterbu sendiri sudah ada tiga orang yang sudah memulai memanfaatkan media online untuk pemasaran. Mereka telah membuktikan bahwa peluang pasarnya sangat besar bila memanfaatkan media online. “Ini tepat waktu, karena semua orang sudah sangat antusias,” pungkas Dwi. (eh)*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s