Unpad Turut Dukung Pengembangan Klaster Buah di Jabar

Laporan oleh: Hera Khaerani

http://www.unpad.ac.id/archives/36696

[Unpad.ac.id, 2/11] Beberapa tahun silam, dikeluarkan Perpres nomor 28 tahun 2008 tentang Kebijakan Industri Nasional. Di dalamnya disebutkan tentang prioritas pengembangan dan pertumbuhan empat belas klaster industri, termasuk industri pengolahan buah. Senin (1/11) kemarin, para pengusaha pengolahan buah yang tergabung dalam klaster di Jawa Barat, mengikuti acara Pemanduan dan Koordinasi Akses Kualitas Produk Industri Pengolahan Buah dan Informasi Pasar di Ruang Borneo, Puri Khatulistiwa Jatinangor.

Para narasumber dalam seminar dan pelatihan yang diselenggarakan Masyarakat Klaster Industri Buah (Masterbu) di Jatinangor. (Foto: Hera Khaerani) 

Acara tersebut terselenggara berkat kerja sama antara Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jabar dengan sejumlah perguruan tinggi, termasuk di dalamnya adalah kerja sama dengan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran. Para peserta seminar dan pelatihan yang seluruhnya merupakan anggota dari Masterbu (Masyarakat Klaster Industri Buah), mendapat pengetahuan tentang klaster, hal-hal yang mempengaruhi konsumen untuk membeli produk, pengemasan, dan pemasaran, dst. Mereka juga diberi gambaran tentang pola klaster yang diterapkan di wilayah, bahkan negara lain.

Masterbu itu sendiri merupakan klaster industri buah di Jabar yang diresmikan pada 24 Agustus 2010 lalu. “ Wadah ini sangat penting karena tujuan dan cita-cita sebuah organisasi tidak mungkin bisa tercapai secara optimal bila organisasi tersebut tidak memiliki wadah,” ungkap Ketua Masterbu, Ir. H. Sholeh BH. Kurdi.

Sholeh menyatakan harapannya agar Masterbu Jabar dapat menjadi media untuk saling berinteraksi, berkolaborasi, saling bekerjasama dan berpartisipasi aktif baik sesama para anggota Masterbu, dengan pembimbing, perguruan tinggi, dinas-dinas terkait, serta pihak swasta yang diharapkan bisa melakukan kerjasama yang saling menguntungkan.

Para anggota Masterbu yang terkumpul mengungkapkan berbagai persoalan yang klaster tersebut hadapi saat ini, di antaranya adalah manajemen produksi dan jaringan pemasaran yang masih lemah, peran dan fungsi kelembagaan pelaku klaster buah belum optimal, dan belum adanya kesadaran yang sungguh-sungguh untuk membangun secara kebersamaan demi pengingkatan kinerja organisasi. Berbagai persoalan yang dilontarkan pun dikaji oleh para ahli yang didatangkan dari Unpad dan perguruan tinggi lain.

“Saya mengharapkan  adanya dukungan dan perubahan pola pikir, dari individualistis menuju pola pikir kebersamaan sesuai dengan hasrat dan bidang usaha masing-masing anggota  yang tentunya tidak terlepas dari bimbingan dan dukungan dari semua pihak, baik tenaga ahli, dinas-dinas terkait, perguruan tinggi dan stake holder,” sebut Sholeh.

Kabid Industri Agro Disperindag Jabar,Antje Sumartini, yang hadir pada kesempatan kala itu menyampaikan kekhawatirannya, “Yang ada dalam klaster ini harus mengerti apa itu klaster.” Hal tersebut disampaikannya menyusul indikasi ketergantungan yang ditunjukkan para anggota klaster pada pemerintah dan pihak-pihak lain terkait, padahal esensi dari pembentukan klaster adalah mempersiapkan kemandirian kelompok usaha kecil dan menengah.

Menambahkan pernyataan Antje, Dr. M. Nurmah Helmi yang turut menjadi pembicara hari itu menjelaskan bahwa pentingnya klaster adalah kemampuannya untuk mengoptimalisasi kemampuan pasar. “Kita memiliki pasar yang besar, sayangnya pemasok masih tercerai berai,” tuturnya.

Dengan adanya klaster, diharapkan akan terbentuk mobilisasi dan kolaborasi dalam pemenuhan permintaan pasar. Para anggota dalam klaster pun kemudian bisa secara intensif berbagi pengetahuan dengan sesama pengusaha dan para ahli yang difasilitasi oleh pemerintah juga perguruan tinggi.

Kegiatan ini akan berlangsung selama dua hari sejak 1 hingga 2 November 2010. Selasa ini (2/11) para peserta akan melanjutkan kegiatan pelatihan pemasaran melalui media massa online di FTIP Unpad. (eh)*

One thought on “Unpad Turut Dukung Pengembangan Klaster Buah di Jabar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s