TERIMAKASIH :) #100SepatuSekolahUntukAnakYatim

laporan keuangan dapat dilihat disini : KEGIATAN 100 SEPATU 2011

Assalamualaikum Wr Wb

Bapak/Ibu yang kami hormati, teman-teman dan sahabat-sahabat yang tersayang.

Alhamdulillah kegiatan pengumpulan 100 sepatu sekolah untuk yatim telah diselenggarakan dengan baik dan lancar. Kami ucapkan terimakasih atas bantuan dan kesediaan dalam mendukung kegiatan ini.

Kami ucapkan terimakasih atas peran serta pada donatur yang telah terlibat yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Semoga dicatat sebagai amal perbuatan yang baik dan dibalas dengan pahala dan rejeki bekah yang berlipat dari Allah SWT. Amin. Dengan ucapan ini juga kami sampaikan salam dan doa dari teman-teman kecil kita di panti untuk pada donatur yang telah turut serta berbuat kebaikan.

Banyak khalayak mempertanyakan kegiatan ini dilakukan oleh lembaga apa dan bagaimana prosesnya. Sedianya, acara dalam mengisi Ramadhan ini adalah tahun yang ke-lima yang telah kami adalan.  Diawali pada tahun 2006, ketika itu kami tergabung dalam sebuah klab pendengar salah satu radio dewasa di Bandung yang memiliki komitmen untuk mengisi berbagai kegiatan sosial. Dalam perjalanannya klab pendengar tersebut tidak berdiri lagi, namun komitmen untuk meneruskan kegiatan ini akan senantiasa berjalan. InsyaAllah.

Tahun ini agak berbeda dengan tahun sebelumnya. Kali ini kegiatan dilaksanakan di tiga pesantren dan madrasah yang berlokasi Kiaracondong Bandung, Kabupaten Majalengka dan Parongpong Kabupaten Bandung Barat. Tema yang diambil adalah #100SepatuSekolahUntukAnakYatim. Tema sentral sepatu menjadi ide diawali dengan berbagai keprihatinan ketika banyak sumbangan disalurkan pada kaum duafa habis dalam semalam dalam sebuah acara bertajuk berbuka-puasa bersama.  Kami tampil dengan konsep pelaksanaan yang berbeda. Dimana bantuan yang diperoleh dari donatur senantiasa harus dapat memberikan dampak manfaat dan nilai tambah berganda bagi penerima, pelaku dan masyarakat lainnya, dan manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Dimulai dari tahun ini, tema sepatu sekolah diambil mengingat Ramadhan kali ini berdekatan dengan dimulainya kegiatan tahun ajaran baru. Kami ingin sekali menularkan semangat menimba ilmu dan motivasi pada anak-anak yatim dan duafa.

Mengapa Sepatu?

Dengan berbekal sepatu baru tentunya akan bermanfaat  bagi kegiatan menuntut ilmu mereka, seperti yang kita alami ketika masa kecil dimana akan sangat bersemangat dan berbahagia menggunakan sepatu baru untuk bersekolah.

Sepatu menjadi istimewa karena melengkapi peralatan sekolah yang telah donatur lain berikan berupa seragam dan buku-buku pelajaran. Pada umumnya adik-adik kita ini kesulitan memperoleh sepatu baru untuk sekolahnya, maka dari itu kami memiliki ide memberikan sepatu baru, bukan bekas. Konsepnya adalah setiap donatur dapat memberikan satu pasang sepatu  berupa uang seratus ribu rupiah atau sejumlah uang yang mampu diberikan. Selain itu juga terdapat donatur yang memberikan 96 pasang kaos kaki untuk melengkapinya.

Sepatu yang dipilih adalah sepatu dari sentra Cibaduyut. Bukan dari pabrik sepatu berskala besar. Selain murah, sepatunya lokal ini juga berkualitas baik dan sangat trendi jika dilihat dari model-modelnya. Sepatu Cibaduyut tersebut dipilih dari Toko Garsel dan Gareu dimana kedua toko ini memfasilitasi para pengrajin sepatu berskala UKM. Seperti dijelaskan sebelumnya, dalam kegiatan ini, manfaat yang ingin didapatkan sebesar mungkin dapat menyentuh berbagai pihak, bukan saja yatim sebagai penerima, namun dengan program ini juga besar harapan kami dapat menjadi contoh dimana manfaat juga diperoleh para pengrajin sepatu yang merupaka UKM yang juga perlu kita bantu perkembangannya.  Jika kegiatan seperti ini dikakukan berbagai elemen masyarakat dengan memberikan dampak berganda pada pihak lain tentunya sedekah yang kita berikan mampu memberikan dampak perkenomiam dan kesejahteraan yang besar. Amin

Bagaimana Dana Terkumpul?

Pada awalnya menargetkan 100 sepatu adalah hal yang berat, karena baru kali ini kami dan tim melaksanakan dengan jumlah target yang besar. Maka uang yang terkumpul minimal 10 juta rupiah dalam tempo satu minggu, karena ide ini muncul di awal ramadhan. Kemudian kami berusaha menghubungi beberapa media yang mungkin berkenan membantu, namun sayangya beberapa media yang ditemui tidak merespon. Akhirnya dengan bantuan jejaring social seperti Facebook, twitter dan jejaring pertemanan, kami menemukan kurang-lebih 60 donatur dengan total dana terkumpul sebesar Rp. 16.200.000.

Dengan jumlah dana terkumpul tersebut, pembagian sepatu berkembangan menjadi sepatu dan dana pendidikan.  Jumlah pesantren yang sedianya hanya pesantren Darul Falah Majalengka (100 pasang sepatu dan Uang bantuan pendidikan Rp. 2.530.000) menjadi bertambah dua yakni madrasah Nurul Jihad (Uang bantuan pendidikan Rp. 1.700.000) dan Ponpes Yatim dan Duafa Al Furqon Parompong (Uang bantuan pendidikan Rp. 1.500.000).

Teman-teman yang kami sayangi,

Kegiatan ini menjadi inspirasi untuk kegiatan yang akan datang. Diharapkan pada masa yang akan datang, kegiatan yang dilaksanakan mampu memberikan manfaat yang dirasakan oleh seluruh pelaku yang terlibat di dalamnya.

Dari berbagai pesantren yang dikunjungi, terdapat berbagai latar belakang berbeda yang sungguh sangat menyentuh dan perlu kita bantu.  Bantuan kedepannya akan diproyeksikan untuk dapat meningkatkan motivasi pendidikan bagi santri-santrinya disertai bantuan produktif yang mampu menujang kelangsungan kehidupannya dengan landasan wirausaha. Salah satu yang diproyeksikan kedepan bantuannya adalah mendirikan kolam budidaya lele disertai dengan pendampingan dan batuan pemasarannya di setiap panti yang ada agar bermanfaat dan menghasilkan dalam jangka waktu panjang.  Selain bantuan dana pada kegiatan yang akan adatang ini kami mengundang teman-teman untuk bergabung dalam tim yang belum bernama iniJ

Bantuan tidak hanya dana, kami mengharapkan bantuan berupa tenaga, pemikiran dan pendampingan yang berkelanjutan, tidak hanya dalam satu momen Ramadhan saja. Kami memiliki cita-cita untuk berbagi kemampuan ilmu, motivasi, jiwa kewirausahaan, komunikasi, wawasan, dan berbagai keterampilan lain yang mampu menunjang produktivitas mereka.

Mari kita mulai dengan langkah nyata.

  • Dwi Indra Purnomo
  • Dandi Budiman
  • Belli Belinda
  • Dian Aquarita
  • Salamun Taufik
  • Puti Retno Ali
  • Bambang Bayu
  • Rery Andriani

One thought on “TERIMAKASIH :) #100SepatuSekolahUntukAnakYatim

  1. Pingback: Gerakan 1000 Sepatu Untuk Yatim dan Duafa 2012 « Agroindustrial Development

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s