Menginspirasi dan Menumbuhkan Semangat Berkarya

OxyGen Seminar Series I #SemarBerdasi

Oleh Dwi Purnomo

Sabtu, 17 Maret 2012, adalah hari pertama dimana OxyGen dan Himpunan Mahasiswa Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Universitas Padjadjaran (HMJ TMIP Unpad) mengadakan sebuah acara yang menggagas ide untuk membentuk kemandirian, kreativitas dan keberanian berkarya dipadu dengan semangat berbagi dan berkontribusi.

OxyGen adalah sebuah gerakan yang digagas oleh Empat tokoh muda, Ienjo Bangkara – Dosen,  Adenita – Penulis, Marina Natalia Tampubolon – penggagas kreatif dan Dwi Purnomo – Dosen Muda. OxyGen adalah gerakan untuk merangkul kaum muda untuk memiliki semangat berbagi dan berkontribusi untuk melakukan karya yang berguna bagi lingkungannya, menumbuhkan rasa cinta kasih diantaranya, membangun semangat kebanggaan dan kebangsaan yang utuh dalam bentuk karya nyata yang mampu menggerakkan masyarakat sekitarnya. Semangat yang ingin diguliurkan adalah semangat kemandirian, merangsang kreativitas, menumbuhkan motivasi dan mendorong kaum muda untuk berkarya melaui lewat jalur apapun dengan peran yang dimiliki masing-masing.

Kegiatan pertama ini merupakan pencapaian dari hasil diskusi yang panjang dan dalam wadah OxyGen. Kalangan mahasiswa yang pertama menyambut gagasan ini adalah HMJ TMIP Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad yang memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dengan semangat yang sama.

Seminar dengan nama Seminar Kreatifitas Pemuda Indonesia #Semarberdasi digagas atas kesamaan visi untuk menularkan semangat membangun generasi muda untuk berkarya, berpikir kreatif dan mengembangkan motivasi melalui beragam cara dengan mendatangkan tiga pembicara dengan latar belakang yang berbeda namun memiliki benang merah yang sama yakni “to contribute”.

Pembicara yang didatangkan kali ini adalah Adi Panuntun, CEO Sembilan Matahari sekaligus Dosen, tokoh kreatif muda dengan berbagai karya seni di tingkat nasional dan Internasional yang mengusung identitas budaya nasional. Pembicara kedua adalah M. Bijaksana Junerosano, CEO Greenaration Indonesia, tokoh muda yang mensinergikan konsep lingkungan, sosial dan ekonomi kedalam bentuk usaha dengan mengusung misi penyelamatan lingkungan yang populer saat ini, dan pembicara ketiga adalah M. Achir, wartawan dan anchor SCTV dengan latar belakang pendidikan formal sosial sekaligus teknik yang berhasil menjadi tokoh wartawan muda VIP dalam lingkaran RI 1 dan protokoler kenegaraan.

Ketiga tokoh yang dihadirkan mengungkapkan pentingnya kesadaran untuk berkarya dengan semangat kemandirian yang berkontribusi bagi lingkungan dan masyarakatnya. Semua pencapaian yang dilakukan mereka adalah hasil dari  proses panjang perkuliahan yang matang, yang dijalani dengan sungguh-sungguh dengan niat baik dan semangat membangun yang kuat. Hal tersebutlah yang ingin dibagi dan ditularkan bagi mahasiswa-mahasiswa saat ini. Acara dipandu oleh Adenita, seorang penulis yang memiliki latar belakang unik sepanjang prosesnya menuntaskan masa kuliahnya dan berhasil dituliskannya dalam novel 9 Matahari dan berhasil menjadi salah satu novel best seller terbitan Gramedia, Adenita pun sedang mempersiapkan peluncuran buku keduanya berjudul 23 episentrum yang juga memiliki semangat yang sama, yakni menumbuhkan inspirasi bagi generasi muda untuk berkarya dan berkontribusi bagi negerinya.

Acara yang dilangsungkan di Pusat Studi Bahasa Jepang Fakultas Ilmu Budaya Unpad Jatinangor ini mendapat sambutan luar biasa dari mahasiswa yang hadir. Tiket dengan harga yang cukup sesuai dengan harga mahasiswa sebesar Rp. 15.000.- per tiket dan disediakan sebanyak 300 orang sesuai dengan kapasitas ruangan yang digunakan telah habis terjual dua hari sebelum acara dimulai. Antusiasme mahasiswa yang hadir begitu baik, terbukti dengan tidak beranjaknya mereka dari tempat duduk hingga acara berakhir selama empat jam.

Acara yang diselenggarakan oleh kepanitiaan HMJ TMIP FTIP Unpad ini dikemas dengan apik, juga ditampilkan berbagai pertunjukan seni yang kreatif seperti penampilan komunitas Jazz FTIP, tari saman dan Pertunjukan  Perkusi Keong Dekils, dan presentasi para pembicara dengan tampilan tayangan yang sangat baik dan menginsiprasi membuat acara ini terselenggara dengan sangat menarik. Berbagai komentar juga meluncur dari peserta yang secara aktif bertanya juga komentar-komentar menarik dengan hashtag #semarberdasi di twitter yang banyak ditemui ditimeline-timeline peserta.

Dengan berhasilnya penyelenggaraan yang pertaman ini, OxyGen mengharapkan berbagai pihak berkenan untuk bergabung  dan menyelenggarakan seminar-seminar lanjutan yang ditujukan bagi kalangan mahasiswa yang lebih luas lagi sehingga memberikan dampak yang luas terutama ditujukan untuk membentuk mahasiswa yang berkarakter, kemampuan berkomunikasi dan bersosialisi, bagi kemajuan bersama.

Video Profil OxyGen : Youtube

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s