Gerakan 1000 Sepatu Untuk Yatim dan Duafa 2012

 #1000SepatuSekolahUntukYatim&Duafa

SATU LANGKAH CINTA MENUJU CITA

 

Gerakan dengan rantai manfaat  bagi pengembangan semangat belajar, pemberdayaan usaha kecil, dan membangun kesadaran atas persaudaraan yang hangat

Semangat Belajar dan Berbagi

Memberikan semangat yang berarti untuk belajar adalah upaya yang sangat berharga. Saat dimulainya tahun ajaran baru yang bertepatan dengan bulan Ramadhan menjadikan momen ini tepat untuk membangun kepedulian dan menyebarkan semangat untuk belajar.

Gerakan ini terbilang unik, karena selain berbeda dengan kegiatan amal lainnya, gerakan ini dirancang untuk dapat menyebar nilai guna dan nilai tambah yang besar bagi masyarakat.

 

Mengapa Sepatu Sekolah Baru?

Dengan berbekal sepatu baru tentunya akan bermanfaat  bagi kegiatan menuntut ilmu mereka, seperti yang kita alami ketika masa kecil dimana akan sangat bersemangat dan berbahagia menggunakan sepatu baru untuk bersekolah.

Sepatu menjadi istimewa karena melengkapi peralatan sekolah yang telah donatur lain berikan berupa seragam dan buku-buku pelajaran. Pada umumnya adik-adik kita ini kesulitan memperoleh sepatu baru untuk sekolahnya, maka dari itu kami memiliki ide memberikan sepatu baru, bukan bekas. Konsepnya adalah setiap donatur dapat memberikan satu pasang sepatu termasuk satu pasang kaos kaki untuk melengkapinya, dengan menyumbangkan uang sebesar seratus ribu rupiah atau sejumlah uang yang mampu diberikan.

Sepatu yang dipilih adalah sepatu dari sentra Cibaduyut dan Garut, bukan dari pabrik sepatu berskala besar. Selain murah, sepatunya lokal ini juga berkualitas baik dan sangat trendi jika dilihat dari model-modelnya. Sepatu dari sentra Cibaduyut dan Garut ini merupakan karya berkualitas pengrajin sepatu berskala UKM.

Seperti dijelaskan sebelumnya, dalam kegiatan ini, manfaat yang ingin didapatkan sebesar mungkin dapat menyentuh berbagai pihak, bukan saja anak yatim dan duafa sebagai penerima, namun melalui program ini besar harapan kami dapat menjadi contoh dimana manfaat juga dapat diperoleh para pengrajin sepatu yang merupakan UKM yang perlu kita bantu perkembangannya. Jika kegiatan seperti ini dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat tentu akan memberikan dampak berganda, dimana melalui sedekah yang kita berikan akan mampu memberikan dampak positif perkenomian dan kesejahteraan yang besar bagi masyarakat.

Amin.

 

 

Rantai Manfaat

Yatim dan Duafa

Sasaran pertama adalah anak-anak yatim dan tidak mampu. Sepatu menjadi barang mewah untuk didapatkan, sementara sepatu baru secara psikologis mampu membangkitkan semangat yang tinggi untuk belajar.

Masyarakat

Sasaran kedua adalah masyarakat yang terlibat dalam gerakan ini, agar masyarakat menyadari bahwa kegiatan amal hendaknya bukan berupa kegiatan hura-hura mengundang kaum duafa dan secara tidak disadari memberikan stempel lebih jelas akan kedudukannya sebagai kaum yang kurang beruntung dan menciptakan jurang pemisah yang kian dalam. Kegiatan #1000SepatuSekolahUntukYatim&Duafa ini dimaksudkan untuk merangkul seluruh elemen masyarakat untuk memotivasi melalui kegiatan sederhana namun memiliki dampak yang panjang terutama bagi masa depan mereka melalui semangat belajar.

UKM Pengrajin Sepatu

Sebuah kegiatan yang baik hendaknya memiliki rantai nilai tambah dan nilai guna yang mampu menyentuh kalangan lebih banyak. Kegiatan #1000SepatuSekolahUntukYatim&Duafa ini selain bermanfaat bagi penerimanya yakni teman-teman yatim dan duafa, juga memberikan dampak poisitif yang signifikan bagi para pengrajin sepatu terutama di wilayah Cibaduyut dan Garut Jawa Barat yang terkenal mampu menghasilkan sepatu berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Hal ini menjadi penting karena secara langsung memberikan nilai tambah dan kebanggaan bagi peningkatan kesejahteraan pengrajin sepatu lokal.

CARA BERPARTISIPASI

Sumbangan berupa satu pasang sepatu dan kaos kaki dinilai dengan uang sebesar Rp 100.000.(Besaran sumbangan dapat sukarela sesuai kemampuan tidak terpatok pada angka diatas)

PENYALURAN SUMBANGAN

Sumbangan dapat ditransfer melalui rekening:
Bank BNIa.n Dwi PurnomoNo. Rekening 0150 859 356
Bank Mandiria.n Dian AquaritaNo. Rekening 131 000 687 5290
Bank BCA a.n Nathalia Diana PitalokaNo. Rekening 7750 453 265

MANFAAT

Memberikan semangat pada anak-anak untuk bersekolah sekaligus memberdayakan UKM pengrajin sepatu lokal.

LOKASI

Lima Panti Asuhan dan Pondok Pesantren Binaan di Jawa Barat:1. Pondok Pesantren Darul Falah, Majalengka2.Pondok Pesantren Al-Furqon, Parongpong3. Pondok Pesantren Nurul Jihad Sukabakti,Kiaracondong4.Pondok Pesantren di Kota Bandung5. Pondok Pesantren di Kab. Sumedang
UKM pengrajin sepatu Cibaduyut dan Garut.

DONATUR

Kegiatan ini terbuka bagi siapa saja yang ingin bergabung :)

Penyelenggara?

Banyak khalayak mempertanyakan kegiatan ini dilakukan oleh lembaga apa dan bagaimana prosesnya. Sedianya, acara dalam mengisi Ramadhan ini adalah tahun yang ke-lima yang telah kami adakan. Diawali pada tahun 2006, ketika itu kami tergabung dalam sebuah klub pendengar salah satu radio dewasa di Bandung yang memiliki komitmen untuk mengadakan berbagai kegiatan sosial, dimulai dengan memberikan sumbangan berupa uang dan pakaian bekas kepada anak yatim dan duafa. Dalam perjalanannya klub pendengar tersebut tidak berdiri lagi, namun komitmen untuk meneruskan kegiatan ini akan senantiasa berjalan. InsyaAllah.

Pada tahun ke-empat perjalanan kegiatan sosial ini, tepatnya pada tahun 2011 (klik disini untuk kegiatan tahun 2011), konsep yang dilaksanakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kali ini kegiatan dilaksanakan di tiga pondok pesantren di Jawa Barat dengan mengambil tema #100SepatuSekolahUntukAnakYatim. Untuk tahun ini direncanakan akan ada lima panti asuhan dan pondok pesantren yang menjadi sasaran kegiatan dengan target pengumpulan 1000 sepatu sekolah baru.

Tema sentral sepatu menjadi ide utama yang diawali dengan berbagai keprihatinan ketika banyak sumbangan disalurkan pada kaum duafa habis dalam waktu semalam melalui sebuah acara bertajuk berbuka-puasa bersama.

Oleh karena itu kami tampil dengan konsep pelaksanaan yang berbeda, dimana bantuan yang diperoleh dari donatur senantiasa harus dapat memberikan dampak manfaat dan nilai tambah berganda bagi penerima, pelaku, dan masyarakat lainnya, dan manfaatnya dapat dirasakan dalam kurun waktu yang cukup panjang. Mengulangi kesuksesan kegiatan pada tahun sebelumnya, pada tahun 2012 ini tema sepatu sekolah kembali diambil mengingat Ramadhan kali ini berdekatan dengan dimulainya kegiatan tahun ajaran baru, dalam kegiatan bertajuk #1000SepatuSekolahUntukYatim&Duafa. Kami ingin sekali menularkan semangat menimba ilmu dan motivasi pada anak-anak yatim dan duafa.

Teman-teman yang kami sayangi,

Kegiatan ini menjadi inspirasi untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang. Diharapkan pada masa yang akan datang, kegiatan yang dilaksanakan mampu memberikan manfaat yang dirasakan oleh seluruh pelaku yang terlibat di dalamnya.

Dari berbagai panti asuhan dan pondok pesantren yang dikunjungi, terdapat berbagai latar belakang berbeda yang sungguh sangat menyentuh dan perlu kita bantu. Bantuan kedepannya akan diproyeksikan untuk dapat meningkatkan motivasi pendidikan bagi santri-santrinya disertai bantuan produktif yang mampu menunjang kelangsungan kehidupannya dengan landasan wirausaha disertai dengan pendampingan dan batuan pemasarannya di setiap panti asuhan dan pondok pesantren yang ada agar bermanfaat dan menghasilkan dalam jangka waktu panjang.

Selain bantuan berupa dana pada kegiatan ini, kami mengundang teman-teman untuk bergabung dalam tim #1000SepatuSekolahUntukYatim&Duafa. Kami mengharapkan bantuan berupa tenaga, pemikiran, dan pendampingan yang berkelanjutan, tidak hanya dalam satu momen Ramadhan saja. Kami memiliki cita-cita untuk berbagi kemampuan ilmu, motivasi, jiwa kewirausahaan, komunikasi, wawasan, dan berbagai keterampilan lain yang mampu menunjang produktivitas mereka.

Bandung, 7 Juli 2012

Tim #1000Sepatu Sekolah Untuk Yatim & Duafa

Akun twitter : @1000sepatu 

  • Cp @dwiindrapurnomo 0818229580
  • Penanggung Jawab :
  • Dr Dwi Purnomo
  • Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad
  • dwighy@yahoo.com / dwipurnomo@unpad.ac.id

Tim :

Dwi Indra Purnomo (FTIP Unpad) | Dandi Budiman (Primary Indonesia) | Belli Belinda (Kalimaya) | Dian Aquarita (ITB) | Taofik Rifai (Faperta Unpad) | Nathalia Diana Pitaloka | Rery Adriany | Bambang Bayu (FE Unpad) | Adenita (#23EPISENTRUM) | Marina Natalia Tampubolon (SBM ITB) | Bunny Delooney (OZRadioBandung) |Wony Andhika @loopiesradio I Arindina Janidya (@loopiesradio) | Puti Retno Ali (IKA UNPAD) | Ardanti Ardianti  (Roemah Kajoemanies)| Nova Openg (UrbanRadio)| Gita Andriani (RaseFM) | Dery Plus (MaraFM) | Winda Alyana (RaseFM) | Sonny Gunawan (GareuShoes) ) | Azhar Elhami (Fak Psikologi Unpad) |Anggia Bonyta (UFM) | Alia Yossy (UFM) |Said Panji (HMJ Teknik dan Manajemen Industri Pertanian Unpad) | Mochammad Achir (SCTV) | Jemmy Darusman (Indosiar) ) |Rimba Yudha (BEM FTIP Unpad)| Wicky Adrian (i-radio Jakarta)

Media Partners

104.4 UFM Bandung

106.7 Mara FM Bandung

http://www.loopiesradio.com

2 thoughts on “Gerakan 1000 Sepatu Untuk Yatim dan Duafa 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s