Laporan Gerakan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim Duafa 2012

Laporan lengkap dapat diunduh disini : Laporan Gerakan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim Duafa 2012 (PDF)

Assalamualaikum Wr. Wb.

32379_10151201467668355_2077342372_nTeman-teman yang kami sayangi, tidak terasa setelah hampir 5 bulan kegiatan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa ini digulirkan sejak 1 Ramadhan 1433 H, kegiatan ini telah mendapatkan respon yang sangat positif dari berbagai kalangan masyarakat.

Kegiatan ini memiliki filosogi utama yakni berperan untuk memasyarakatkan rantai manfaat. Rantai manfaat dimaksudkan sebagai sebuah kegiatan yang memiliki dampak yang luas bagi setiap pelaku yang terlibat didalamnya, tdak hanya pada penerima.

Kegiatan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa ini mencoba memberikan manfaat bagi pelakunya yakni:

1.        Masyarakat Sebagai Pendonor

Masyarakat sebagai pelaku utama diajak untuk memiliki kesadaran dalam berbagi. Tidak hanya berhenti pada kegiatan berbagi, namun juga pada penyebaran pemaknaan akan rantai manfaat serta mengadvokasi sebuah kegiatan sosial haruslah juga memiliki dampak produktif dan membangun dalam jangka panjang.

2.        Penggiat Industri Kecil

Dalam kegiatan kegiatan pertama yang dilakukan melibatkan pengrajin sepatu di Cibaduyut dan Garut, sehingga mampu memberikan kail bagi kegiatan usahanya. Pelibatam UKM sepatu ini juga sekaligus advokasi mutu produk sepatu dalam negeri yang mulai menurun, sehingga memberikan dampak bagi peningkatan produktivitas sekaligus upaya menghidupkan semangat penggunaan produk lokal pada masyarakat.

3.        Anak-anak Yatim dan Dhuafa

Anak-anak yatim dan dhuafa dipilih secara spesifik berdasarkan kriteria yang dikembangkan agar tepat sasaran. Poin utama dari kegiatan ini bukan hanya menyampaikan sepatu pada anak-anak tersebut. Selain sepatu merupakan simbol dari semangat belajar, sepatu juga mampu bertahan cukup lama untuk digunakan pada kegiatan menuntut ilmunya. Dengan hal tersebut diharapkan pemberian sepatu ini juga dapat meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan kualitas pendidikan.

Rantai manfaat di ataslah yang diupayakan untuk disebarluaskan. Pada masa yang akan datang, filosofi rantai manfaat ini akan dikembangkan pada kegiatan yang memiliki rantai manfaat yang lebih panjang dan berkualitas.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, penggalangan dana dan bantuan dilakukan dengan beberapa cara yakni:

  1. Pemanfaatan jejaring pertemanan secara langsung dengan melibatkan beberapa teman yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda dengan institusi yang berlainan, sehingga mendapatkan berbagai saran dan akses untuk mendapatkan masa untuk dijadikan sasaran sosialisasi kegiatan.
  2. Pemanfaatan jejaring media sosial yang secara maksimal dilakukan untuk dapat menyebarkan informasi secara luas. Informasi disebarkan secara terpadu melalui media on-line dengan mensinergikan media Blog, Media Sosial Twitter dan Facebook. Kegiatan melalui jejaring sosial ini mendapatkan respon yang sangat baik untuk dapat menyebarkan informasi kegiatan ini.
  3. Kerjasama media massa. Media massa yang dilibatkan meliputi tiga media radio komersial di Bandung, satu radio on-line berbasis komunitas, satu provider telekomunikasi yang menyediakan sarana untuk broadcast message. Media-media ini dirangkul untuk dapat menyebarkan filosofi kegiatan yang ingin disebar.
  4. Pelibatan Himpunan Mahasiswa yang mampu memberikan efek penyebaran informasi yang sangat baik terutama di kalangan anak muda untuk membangun jejaring sekaligus menyebarkan energi untuk berbagi.
  5. Penggalangan dana juga dilakukan dengan roadshow ke beberapa komunitas dan sekolah dengan melakukan presentasi mengenai maksud dan tujuan yang dilakukan.

 A.    PENGELOLAAN DANA

Kegiatan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa hingga tanggal 16 Oktober 2012 telah menghimpun dana sebesar Rp. 180.018.503.- untuk pembelian sejumlah sepatu sekolah baru dengan perhitungan satu pasang sepatu dan kaos kaki dihargai Rp. 100.000.-. Pengumpulan dana dilakukan secara langsung, baik oleh perseorangan/perusahaan melalui transfer dana ke tiga rekening bank (BNI 46, Mandiri, dan BCA), maupun hasil penggalangan dana secara langsung baik di Jakarta maupun Bandung, sehingga dana tercatat dan dapat direkapitulasi dengan baik.

Total pembelanjaan untuk pembelian sepatu sekolah hingga Selasa, 16 Oktober 2012 adalah Rp. 127.675.500,- untuk pembelian 1336 pasang sepatu dan kaos kaki, serta Rp. 7.746.400,- Untuk keperluan operasional Kegiatan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa, termasuk di dalamnya transportasi, akomodasi, dan konsumsi. sehingga saldo sisa saat ini sebesar Rp. 44.596.603,-

Keseluruhan rekapitulasi keuangan Kegiatan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa dapat dilihat pada Tabel 1 di bawah ini. Secara lebih lengkap, nama-nama donatur dapat dilihat pada Tabel 2 (lampiran).

Screen shot 2012-12-12 at 10.16.34 PM

 

B.             PENYALURAN SEPATU SEKOLAH UNTUK YATIM DAN DHUAFA

Dalam pelaksanaannya hingga Hari Selasa, 16 Oktober 2012, Kegiatan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa telah menyalurkan sebanyak 1163 pasang sepatu dan kaos kaki (716 pasang sepatu tahap 1 dan 447 pasang sepatu tahap 2) ke lokasi-lokasi Panti Asuhan dan Pondok Pesantren di Jawa Barat, yang meliputi:

  1. Pondok Pesantren Darul Falah – Majalengka;
  2. Yayasan Pengasuh Anak Yatim Piatu Sukabakti – Kiaracondong Kota Bandung;
  3. Pondok Pesantren Al-Furqon – Cisarua;
  4. Pondok Pesantren Ar-Rahman-  Cililin;
  5. Pondok Pesantren Al-Muhyidin – Pangalengan;
  6. Yayasan Ar Razak – Cihanjuang
  7. Desa Kertawangi Willayah Kebon Cau-Dangdang Cibadak dan Anak-Anak Buruh Harian Kebun;
  8. Ponpes Daarul Salam Al Mubaroqah – Cijerah Kota Bandung;
  9. SMAN 1 Ciranjang Cianjur;
  10. Panti Asuhan Cibereum Kertasari
  11. Panti Asuhan dan Pesantren Dago Utara – Bandung;
  12. Rumah Asuh yatim&dhuafa fathul mubiin
  13. PSAA Sakinah Cilengkrang Bandung;
  14. Masyarakat Dago Pakar.
  15. Siswa-Siswi SD tidak mampu di wilayah sumedang kerjasama dengan HMJ TMIP Unpad

Lokasi penyaluran sepatu sekolah yang dipilih tersebar di seluruh pelosok di Jawa Barat, dengan harapan target penerima dapat merata dan tepat sasaran. Kegiatan selanjutnya, telah dilakukan pembelian sebanyak 173 pasang sepatu sekolah untuk penyaluran sepatu sekolah tahap 3 dan 102 pasang sepatu yang disalurkan dengan kerjasama HMJ TMIP Unpad.

Pendapatan MDRT atas seijin forum tidak digunakan seluruhnya untuk pembelian sepatu, namun disepakati untuk digunakan sebagai dana pengembangan gerakan menjadi yayasan. Hal ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab atas formalisasi gerakan agar mampu dipertanggungjawabkan secara transparan dan legalitasnya terjaga.

Kegiatan ini menjadi inspirasi untuk kegiatan-kegiatan yang akan datang. Diharapkan pada masa yang akan datang, kegiatan yang dilaksanakan mampu memberikan manfaat yang dirasakan oleh seluruh pelaku yang terlibat di dalamnya.

Dari berbagai panti asuhan dan pondok pesantren yang dikunjungi, terdapat berbagai latar belakang berbeda yang sungguh sangat menyentuh dan perlu kita bantu. Bantuan kedepannya akan diproyeksikan untuk dapat meningkatkan motivasi pendidikan bagi santri-santrinya disertai bantuan produktif yang mampu menunjang kelangsungan kehidupannya dengan landasan wirausaha disertai dengan pendampingan dan batuan pemasarannya di setiap panti asuhan dan pondok pesantren yang ada agar bermanfaat dan menghasilkan dalam jangka waktu panjang.

Melalui Kegiatan 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa ini, kami memiliki cita-cita untuk berbagi kemampuan ilmu, motivasi, jiwa kewirausahaan, komunikasi, wawasan, dan berbagai keterampilan lain yang mampu menunjang produktivitas mereka.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Bandung, Oktober 2012

Tim 1000 Sepatu Sekolah Untuk Yatim dan Dhuafa

Penanggung Jawab – Sahabat Cita 

Dr Dwi Purnomo

dwipurnomo@unpad.ac.id

 

Twitter                           : @1000sepatu

Fan Page Facebook : Program 1000 Sepatu

Email                              : 1000sepatu@gmail.com

Info lebih lanjut          : Yulie Ridwan (022-91311393)

                   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s