Analisis Kekuatan Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Indonesia Dalam Meningkatkan Daya Saing Agroindustri Halal 1)

Dwi Purnomo2), E.Gumbira-Sa’id3), Anas M Fauzi3)Khaswar Syamsu3), Muhammad Tasrif4)

 dwighy@yahoo.com

ABSTRAK

halalPengembangan bisnis dan agroindustri halal secara global telah melibatkan 122 negara, termasuk 1,65 miliar jiwa populasi muslim, atau senilai dengan US $ 500 miliar per tahun. Perkembangan bisnis halal global telah berkembang menjadi 12 kelompok industri dan jasa. Agroindustri dan bisnis halal secara internasional telah berdampak luas terhadap bisnis perdagangan dan  keuangan internasional. Tingkat kompetisi yang tinggi dalam bisnis halal terjadi diantara negara-negara berpenduduk Muslim dan non-Muslim, diantaranya adalah negara-negara-anggota ASEAN yang secara  agresif telah menyiapkan produk halalnya untuk bersaing  di pasar global. Penelitian ini mengamati keunggulan Indonesia yang memiliki berbagai keunggulan komparatif dan kompetitif  untuk memetakan kekuatan yang perlu divbangun untuk berhasil dalam persaingan bisnis Halal internasional . Analisis SWOT- kuantitatif digunakan sebagai metode perencanaan strategis dan untuk mengevaluasi kekuatan,kelemahan, peluang dan ancaman yang terjadi pada agroindustri halal eksisting Indonesia.  Lima faktor yang dikelompokkan dianalisa dengan dua belas faktor daya saing yang dinilai untuk mengubah keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif.  Penilaian dilakukan oleh tujuh belas responden pelaku agroindustri halal nasional yang terdiri atas pengambil kebijakan, industri pakar dan pengamat. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa Agroindustri halal dapat menjadi altrenatif kebijakan (skor kekuatan 4,19 dan skor kelemahan -2,25) , yang sangat baik mengingat mampu melibatkan keterkaitan antara pengembangan industri hulu pertanian, industri hilir pertanian serta jasa-jasa pendukung secara harmonis dan simultan.

Kata Kunci : daya saing, Halal, Agroindustri, SWOT-Kuantitatif, ASEAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s