FORUM KREATIF JATINANGOR JTN!

JTN!Kecamatan Jatinangor menjadi kawasan yang menarik secara ekonomi dimana diperkirakan terdapat lebih dari 30.000 mahasiswa yang menjadi penduduk tidak tetap dalam rangka menuntaskan studinya diberbagai perguruan tinggi yang ada di sekitar Jatinangor. Setiap harinya juga Jatinangor menjadi pusat kegiatan akademis yang sangat pesat dengan melibatkan sumber daya manusia yang unggul dengan fokus pada pengembangan pendidikan tinggi. Geliat perekonomian yang begitu tinggi rupanya tidak banyak berimbas pada tingkat kemajuan masyarakat asli Jatinangor. Kemajuan yang dapat diukur dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sedianya mampu mengangkat masyarakat setemat pada tingkatan yang lebih baik.

Sejak bulan Mei 2013 secara bersama-sama komunitas muda telah menginisiasi sebuah forum kreatifitas kepemudaan di Jatinangor yang setiap minggunya mengadakan pertemuan untuk mengupas berbagai ide-ide untuk dapat berkontribusi pada pengembangan masyarakat Jatinagor. Forum ini bernama Forum Kreatif Jatinangor JTN. JTN ini dikembangkan dengan mengkolaborasikan berbagai komunitas yang ada di Jatinangor dengan motornya berbasis kepemudaan.

Hingga  bulan September, atau dalam empat bulan ini, forum yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa di Jatinangor ini telah berhasil mengumbulkan lebih dari tiga puluh komunitas sosial, akademik dan kewirausahaan yang diajak untuk berdiskusi secara rutin dan mulai menumbuhkan kesadaran berkontribusi bagi masyarakat setempat dan juga mengundang langsung masyarakat Jatinangor untuk terlibat langsung. Setiap komunitas tersebut memiliki lebih dari dua hingga tiga puluh anggota. Sehingga jika ditotalkan secara rata-rata komunitas kreatif ini telah mampu menggerakkan sekitar seribu orang yang dapat dikategorikan sebagai community enabler  / penggerak komunitas di kawasan Jatinangor.

Berbagai mahasiswa yang berasal dari Unpad, Ikopin, IPDN, ITB dan kampus lainnya bergabung berkolaborasi dan mampu berkontribusi bagi masyarakat di Jatinangor. Pengembangan komunitas ini dikembangkan untuk memebrikan daya dorong kolaboratif antara mahasiswa, akademisi dengan masyarakat sekitar yang  diarahkan pada pembentukan karakter, kepedulian, pengembangan idelisme, nasionalisme, kreativitas serta kewirausahaan.

Hingga  bulan September, atau dalam empat bulan ini, forum yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa di Jatinangor ini telah berhasil mengumbulkan lebih dari tiga puluh komunitas sosial, akademik dan kewirausahaan yang diajak untuk berdiskusi secara rutin dan mulai menumbuhkan kesadaran berkontribusi bagi masyarakat setempat dan juga mengundang langsung masyarakat Jatinangor untuk terlibat langsung. Setiap komunitas tersebut memiliki lebih dari dua hingga tiga puluh perwakilan komunitas yang memiliki perhatian pada berbagai bidang. Sehingga jika ditotalkan secara rata-rata komunitas kreatif ini telah mampu menggerakkan sekitar seribu orang yang dapat dikategorikan sebagai community enabler  / penggerak komunitas di kawasan Jatinangor.

Komunitas Jatinangor yang telah berhasil dikolaborasikan antara lain:

1. Sahabat Cita ( Pendidikan)
2. 1000 Sepatu (Sosial)
3. Laperbanget.com (Kewirausahaan)
4. Greenate (Lingkungan)
5. Semar Berdasi (Pendidikan)
6. 1 Ton Untuk Papua (Sosial)
7. Being IR (Pendidikan)
8. Geulis Travel (Kewirausahaan)
9. Lumpia Mas Miun (Kewirausahaan)
10. Stand Up Comedy Jatinangor (Hiburan)
11. Lises Unpad (Seni dan Budaya)
12. Karinding (Seni dan Budaya)
13. Lingkar Jatinangor (Sosial Kemasyarakatan)
14. Jatinangor Educare (Pendidikan)
15. Kamis Menanati (Kewirausahaan)
16. Jatinangor On The Sky (Radio Komunitas)
17. Loopies Radio (Radio Komunitas)
18. SwaRadio (Radio Komunitas)
19. BicarakanINA (Pendidikan)
20. Riset Indie (Sosial Pendidikan)
21. Vicking Techno (Olah Raga)
22. Nangor Bike (Kewirausahaan)23. Communemagz (Jurnalistik)
24. Keong Dkils (Kesenian)
25. MAC Ikopin (Kewirausahaan)
26. Jatinangor Peduli (Sosial)
27. IYCCA (Pendidikan dan Budaya)
28. IAAS (Pertanian dan Pendidikan)
29. HMJ TMIP UNPAD (Kemahasiswaan)
30. FLANGO FRUITERS (Kewirausahaan)
31. IAAS (Pendidikan dan Pertanian)

32. Qurbaamanah.org (Sosial Keagamaan)

33. Komunitas Anda?

Mari bergabung dan mulai berkontribusi.

Dwi Purnomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s