Empat Dosen Unpad Raih Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jabar 2014

BANDUNG, (PRLM).- Empat dosen Unpad berhasil menjadi pemenang Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat 2014. Mereka adalah Dr.Sc.Agr. Agung Karuniawan (Fakultas Pertanian), Ir. Mimin Muhaemin, M.Eng., Ph.D. (Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian), Dr. Tomy Perdana, SP., MM (Fakultas Pertanian), dan Dr. Dwi Purnomo STP., MT (Fakultas Teknologi dan Industri Pertanian). Para pemenang diumumkan Rabu (13/8) kemarin di laman http://jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1356.

Seperti diberitakan laman Unpad, dalam kompetisi tersebut, dari 10 orang yang diumumkan sebagai pemenang untuk kategori Inovasi, tiga dosen Unpad berhasil masuk. Ketiga dosen tersebut yaitu Dr. Agung Karuniawan, Mimin Muhaemin, Ph.D dan Dr. Tomy Perdana. Sementara itu, Dr. Dwi Purnomo menjadi salah satu pemenang dari lima orang pemenang kategori Prakarsa.

Pada kategori Inovasi, Dr. Agung Karuniawan menjadi pemenang kedua dengan tema “Pangan” melalui karyanya yang berjudul “Pengembangan Ubi Jalar Varietas Unggul Baru untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Ubi Jalar Jawa Barat”.

Sementara itu, Mimin Muhaemin, Ph.D, menjadi pemenang ke-7 dengan tema “Infrastruktur” melalui karyanya yang berjudul “Sasak Apung Padjadjaran untuk Alat Transportasi Sarana Produksi dan Hasil Pertanian” dan Dr. Tomy Perdana menjadi pemenang ke sembilan dengan tema “Rekayasa Sosial” melalui karyanya yang berjudul “Rekayasa Inovasi Kelembagaan dan Teknologi Berbasis Pasar dalam Pengembangan Rantai Pasok Sayuran”.

Pada kategori “Prakarsa”, Dr. Dwi Purnomo menjadi pemenang ke empat dengan tema “Pangan” melalui karyanya yang berjudul “The Fruters Model: Model Pemberdayaan Berbasis Technologi Preneurship”.

Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat adalah penghargaan tahunan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Penyelenggaraan kali ini adalah kali ke-4 dan mengangkat tema Lingkungan dan Kesejahteraan Masyarakat.

Penghargaan ini merupakan apresiasi, pengakuan kepada masyarakat, baik perorangan maupun kelompok yang telah menghasilkan karya inovatif, prakarsa, dan atau melakukan upaya luar biasa yang nyata serta menumbuhkan motivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Jawa Barat.

Para peserta Anugerah Inovasi dan Prakarsa Jawa Barat ini sebelumnya telah mengikuti tiga tahapan seleksi yaitu, seleksi formulir, pemaparan, dan wawancara serta tinjauan lapangan. Para peserta yang berhasil menjadi pemenang akan mendapat piagam, piala, dan uang tunai dari Gubernur Jawa Barat.

Pemberian penghargaan ini direncanakan akan disampaikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat pada Upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat pada Selasa (19/8) mendatang. (Eriyanti)

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/node/292908

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s