Sebanyak 44 Peserta Ikuti Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Teknologi di Bale Motekar Unpad

[Unpad.ac.id, 3/11/2014] Sebanyak 44 peserta mengikuti pelatihan kewirausahaan berbasis teknologi (Technopreneurship Training). Pelatihan yang difasilitasi oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unpad ini digelar di Bale Motekar Unpad, Jln. Banda no. 40 Bandung, Sabtu (1/11) lalu.

Peserta dan trainer Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Teknologi berfoto bersama di depan Bale Motekar Unpad, Jln. Banda 41 Bandung, Sabtu (1/11). Pelatihan ini diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unpad dan diikuti oleh 44 peserta *

Para peserta dibagi dalam dua kelas pelatihan. Kegiatan tersebut menghadirkan pelatih kewirausahaan kreatif dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, Dr.Dwi Purnomo, yang memberikan dasar-dasar manajerial pengembangan usaha berbasis teknologi atau knowledge-base entrepreneurship, serta Anas Bunyamin, M.Si (FTIP) yang memandu peserta mengenai bagaimana seorang wirausaha memahami input proses dan teknologi dalam pengembangan produk usahanya. Acara dibuka oleh Ketua LPPM Unpad, Prof. Dr. Wawan Hernawan, MS.

Lebih lanjut para peserta mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pelaku usaha yang tergabung dalam Forum Kreatif Jatinangor dan The Local Enablers, yang menjalankan usaha-usaha mandiri dengan melibatkan komunitas dan berbasis technopreneurship.

Pada kesempatan tersebut, Yusuf (Fakultas Hukum) dan Dimas Pandista (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) memberikan gambaran bisnis pengolahan kertas bekas dengan model bisnis unik social-entrepreneuship melalui berbagai produk yang mereka kembangkan dengan merek @velre.

Selain itu para peserta juga diberikan materi pelatihan oleh mahasiwa wirausaha lainnya, yakni Mahadian dan Gyan Rizky dari FTIP Unpad yang memberikan gambaran pengelolaan usaha berbasis pemberdayaan masyarakat dengan produknya yang memiliki merek @fruitsUp (Fruits Universitas Padjadjaran).

Kegiatan tersebut merupakan pelatihan kewirausahaan pertama yang digelar di Bale Motekar,sebagai sarana pengembangan kreativitas dan pengembangan berbagai produk hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bale Motekar sendiri merupakan pusat kreatifitas dan pengembangan produk hasil riset di lingkungan Unpad.

Sejumlah produk yang siap dipasarkan sudah dapat dilihat di Bale Motekar. Selain itu, berbagai kegiatan coaching dan pendampingan kewirausahaan pun diselenggarakan disini sehingga diharapkan dapat menjadi katalisator program pengembangan kewirausahaan berbasis riset yang dikembangkan di Unpad.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s